//
you're reading...
Pengalaman, Umum

Bercerita di Kelas Inspirasi


Kelas Inspirasi Bandung 3

Kelas Inspirasi Bandung 3 Kelompok 19, 20, 21, 22

Pastinya sudah banyak dari kalian yang mendengar tentang Kelas Inspirasi kan? Ya, Kelas Inspirasi adalah program dari Indonesia Mengajar yang membuka kesempatan bagi para profesional untuk bercerita tentang pengalamannya kepada murid-murid sekolah dasar. Diharapkan dari cerita itulah para murid dapat terinspirasi untuk mencapai cita-cta mereka.

Tahun 2015, merupakan kali ketiga Kelas Inspirasi diadakan di Bandung. Sebetulnya sudah dari tahun sebelumnya saya ingin mengikuti Kelas Inspirasi tapi kesempatan baru muncul 2015 ini, insya Allah tahun depan akan coba mendaftar lagi di KI Bandung 4. Saya pribadi mendaftar sebagai Software Engineer, tetapi saya perkenalkan diri kepada anak-anak sebagai “Ahli Komputer” karena istilah tersebut lebih akrab di telinga sepertinya 😀

Kelas Inspirasi Bandung 3 ini diikuti oleh sekitar 750-an relawan (inspirator, fotografer, dan videografer) terbagi sekitar 70-an SD di kawasan Bandung. Kelompok saya, kelompok 20, bertugas di SDN Cicadas 8 dengan formasi 6 inspirator: Evi Sylvia Soetomo (IRT, dulu Dosen Psikologi), Maria Helena (Project Energy Executive), Riestya Dwi Permata (Apoteker), Reza Asriandi Ekaputra (Transport Engineer), Rendy (Software Engineer); 2 Fotografer: Iyan Guanawan, Tuti Alawiyah; Videografer: Dicky Cahyadi. Oh iya, SDN Cicadas 8 berada di kawasan Awi Gombong yang mana di Awi Gombong itu ada 3 SD lain yang juga mengikuti Kelas Inspirasi. Jadi, kami gabung 4 kelompok untuk dalam satu lingkungan SD. SERU pastinya!

Briefing dilakukan pada Minggu, 8 Februari di Aula Gedung Sate. Disana dilakukan serangkaian kegiatan dari mulai pembagian kelompok, tips dan trik untuk bercerita di kelas, cerita pengalaman dari relawan KI sebelumnya, dan yang pasti foto-foto!

Briefing Kelas Inspirasi Bandung 3

Briefing Kelas Inspirasi Bandung 3

18 Februari 2015 Hari Inspirasi dimulai. Kegiatan Inspirasi dimulai pukul 08.00 dan saya dijadwalkan mengajar di kelas 3, 4, 5, dan 6.

Mengajar di Kelas 3 dan 4…

Adalah kelas yang aktif sekali, mudah untuk menenangkan murid tapi mudah pula ribut kembali. Saya awali kelas dengan memberi salam, perkenalan diri, lalu memberikan tepuk SEMANGAT agar mereka lebih antusias menyimak. Waktu yang diberikan tiap kelas hanya 45 menit, saya lebih banyak mengajak murid untuk berinteraksi dengan komputer, seperti menonton video dan menggambar bersama di komputer. Sisanya bercerita dan bermain games sederhana di dalam kelas.

Kelas Inspirasi Bandung 3

Mengajar di Kelas 5 dan 6…

Adalah kelas yang lebih tertib dan teratur, juga banyak berceloteh. Di kelas ini, hampir keseluruhan dari mereka sudah mengenal komputer dan kebanyakannya adalah bermain game online. Seperti kelas 3 dan 4, di sini saya bercerita mengenai kegiatan keseharian saya dan memberikan simulasi sederhana tentang algoritma, eits jangan bayangkan algoritma ini seperti yang diajarkan di perkuliahan. Sebagai penutup, kami bermain “Rantai Cita-Cita” dan memberikan nilai-nilai positif apa saja sebagai bekal mereka untuk menggapai cita-cita mereka.

Bermain "Rantai Cita-Cita"

Bermain “Rantai Cita-Cita”

Kegiatan Inspirasi selesai pukul 11.30. Setelah itu,  anak-anak berkumpul di lapangan untuk acara penutupan. Mereka membawa bendera berisikan cita-cita mereka, lalu para relawan beserta guru di kompleks Awi Gombong menerbangkan balon dan 4 pasang merpati sebagai simbol harapan yang tinggi dan keinginan kuat untuk mencapai cita-cita tersebut.

Anak-anak membawa Bendera Cita-Cita

Anak-anak membawa Bendera Cita-Cita

Saya sarankan bagi Anda para profesional untuk mencoba berbagi dengan murid-murid sekolah dasar baik itu melalui Kelas Inspirasi ataupun wadah lainnya. Sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat. 🙂

 

Kelas Inspirasi….

Membangun Mimpi Anak Indonesia!

Iklan

About Rendy Faqot

Adalah Sarjana Komputer dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia 2008. Menyelesaikan studi selama 5 tahun yang penuh dengan lika-liku kehidupan mahasiswa sebagaimana mahasiswa normal pada umumnya. Tertarik dengan bidang Data Mining, Natural Language Processing, dan Mobile Development. InsyaAllah, mohon doa-nya agar bisa melanjutkan studi master untuk bidang tersebut. Pernah mencicipi dunia industri sebagai Analyst Programmer di Fujitsu Indonesia dan PT. BSP. Saat ini berdomisili di Bandung dan akan melanjutkan kehidupan di Bandung (untuk sementara).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: