//
you're reading...
Pengalaman

Pelatihan Aplikasi Pendataan Dikdas #5 – Surabaya


Tempat        : Hotel Oval, Surabaya

Waktu        : 5 – 7 Juni 2012

Peserta        : ± 240 guru tersebar dari wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimatan Timur, serta Surabaya dan sekitarnya

Deskripsi    :

Diawali dengan kegiatan pembukaan pada pukul 19.30 malam, dihadiri oleh Pak Dirjen, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Direktur Pembinaan SMP. Acara dirancang begitu formal. Sebelum sambutan dimulai, seluruh peserta dipersilahkan untuk berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pangling juga buat saya sendiri, karena kegiatan ini terasa seperti ketika sedang dalam acara pengibaran bendera Merah Putih di zaman sekolah dulu, hehehe. Namun sayangnya, dari laporan kehadiran yang didapat, cukup banyak perwakilan dari sekolah yang tidak hadir ke tempat ini, terutama sekolah dari daerah Kalimantan. Mungkin alasannya karena jauh. Pelatihan ini terbagi menjadi tiga kelas Dragon, Panda, Phoenix. Dragon adalah ruang kelas terbesar dan saya sendiri ditempatkan di ruang Phoenix. Instruktur di kelas Phoenix: Pak Waslaluddin, Rendy (saya), Moh. Tri Ramdhani, Ucy Herawati, Emilia Novianti, Jeffrey Onggo.

Menurut saya, peserta (di ruang saya) pada pelatihan kali ini belum seluruhnya mampu mengoperasikan komputer dasar dengan baik. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa dari guru tersebut memang bukanlah guru usia muda. Alhasil butuh lebih banyak kesabaran untuk lebih dari sekedar melatih aplikasi pendataan. Yang disayangkan adalah masih ada beberapa peserta yang cenderung melihat pemaparan presentasi dari instruktur dan tidak mencobanya secara langsung di komputer mereka masing-masing. Tentu hal ini menjadi kendala kedepannya bagi guru yang bersangkutan jika mendapatkan masalah saat melakukan pendataan.

Diakhir kegiatan pelatihan, ada guru (ibu-ibu) dari Kalimantan yang daerahnya saya lupa sempat memberikan kami (instruktur) oleh-oleh. Meskipun tidak banyak, sangatlah senang bagi kami atas hal tersebut. Saya ucapkan terima kasih kepada beliau. Ini pengalaman luar biasa untuk saya pribadi berkesempatan berinteraksi dengan guru-guru di seluruh tanah air. Sampai jumpa pada pelatihan berikutnya di daerah Bali.

J

Ooops, lupa. Ini beberapa dokumentasi selama kegiatan berlangsung.

 

Terima Kasih. 🙂
 

Iklan

About Rendy Faqot

Adalah Sarjana Komputer dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia 2008. Menyelesaikan studi selama 5 tahun yang penuh dengan lika-liku kehidupan mahasiswa sebagaimana mahasiswa normal pada umumnya. Tertarik dengan bidang Data Mining, Natural Language Processing, dan Mobile Development. InsyaAllah, mohon doa-nya agar bisa melanjutkan studi master untuk bidang tersebut. Pernah mencicipi dunia industri sebagai Analyst Programmer di Fujitsu Indonesia dan PT. BSP. Saat ini berdomisili di Bandung dan akan melanjutkan kehidupan di Bandung (untuk sementara).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: