//
you're reading...
Arsip Kuliah, Komputer dan Internet, Umum

Penciptaan Proses pada Sistem Operasi


Yah sambil nambah-nambahin blog post, sekalian juga buat melengkapi tugas Sistem Operasi nih. Kali ini saya coba bagikan sedikit ilmu tentang penciptaan proses yang terjadi di OS. Proses itu sendiri merupakan sebuah program yang sedang dieksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang terjadi secara bersamaan. Suatu proses dapat membuat beberapa proses baru melalui sistem pemanggilan pembuatan proses.

Sebuah proses dapat terbentuk melalui sebuah system call create process membentuk child process (proses tururnan) yang dilakukan oleh parent process (proses induk). Sebuah proses turunan nantinya dapat membentuk sebuah proses turunan baru, sehingga terbentuklah pohon proses.

Sistem operasi menyediakan sumber daya yang dibutuhkan ketika proses itu dibuat, seperti waktu CPU, memori, berkas, ataupun perangkat I/O. Proses induk yang membagikan sumber daya-sumber daya yang disediakan atau dapat juga proses turunan dan proses induk saling berbagi sumber daya. Ada dua kemungkinan menurut beberapa sumber yang baca mengenai jalannya proses induk dan proses turunan, diantaranya:

  • Proses induk dan proses turunan berjalan secara bersamaan (konkuren).
  • Proses induk menunggu sampai beberapa/seluruh proses turunannya selesai dieksekusi.

Juga ada dua kemungkinandalam term dari address space pada proses baru:

  1. Anak proses adalah duplikat dari induk proses.
  2. Anak proses memiliki program yang terisikan di dalamnya.

Dalam UNIX, tiap proses diidentifikasi oleh pengidentifikasi proses yang merupakan integer yang unik. Sistem operasi UNIX memiliki system call fork yang berfungsi untuk membuat proses baru. Proses yang memanggil sistem ini akan terbagi menjadi dua, yaitu proses turunan dan proses induk yang masing-masing identik. Mekanisme tersebut memungkinkan induk proses untuk berkomunikasi dengan mudah dengan anak proses.

Ada juga system call exec yang berguna untuk membuat proses turunan yang terbentuk memiliki instruksi yang berbeda dengan proses induknya (tidak identik).

Iklan

About Rendy Faqot

Adalah Sarjana Komputer dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia 2008. Menyelesaikan studi selama 5 tahun yang penuh dengan lika-liku kehidupan mahasiswa sebagaimana mahasiswa normal pada umumnya. Tertarik dengan bidang Data Mining, Natural Language Processing, dan Mobile Development. InsyaAllah, mohon doa-nya agar bisa melanjutkan studi master untuk bidang tersebut. Pernah mencicipi dunia industri sebagai Analyst Programmer di Fujitsu Indonesia dan PT. BSP. Saat ini berdomisili di Bandung dan akan melanjutkan kehidupan di Bandung (untuk sementara).

Diskusi

7 thoughts on “Penciptaan Proses pada Sistem Operasi

  1. system call fork itu yang di dining philosophers problem?

    Posted by Rinei | 23 November 2010, 12:24
  2. singat amat om..haha

    Posted by gilangaramadan | 23 November 2010, 12:38
  3. 🙂

    Posted by Rizky Indrawan | 23 November 2010, 17:14
  4. mantap gan!

    Posted by suparlan120990 | 23 November 2010, 18:25
  5. oi oi , bagus tuh ada bagan nya , cukup membantu , btw bagus post nya

    Posted by Bramandityo Prabowo | 25 November 2010, 08:07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: